Sedikit nyambung di postingan sebelumnya. Ternyata kisah si Uhuy membawa dampak
- Si Uhuy jadi punya banyak fans.
- Uhuy sudah bisa bilang “saya”.
- Gue jadi penulis komedi.
Yang berat adalah poin ketiga. Gue sebenernya orangnya serius. Situasi dan kondisi memaksa saya tak sengaja membuat Anda tertawa (bahasanya susah kan? Nah, itulah gue). Terima kasih buat temen2 yg membaca dan tertawa. Tawa Anda adalah kebahagiaan bagi kami. Harap tidak membawa karangan bunga.
————————————
Gue jadi inget waktu awal-awal jadi pekerja lepas.
Pernah suatu pagi diawali dengan telepon dari klien yang pernah gue bikinin website tour & travelnya. Alih-alih web itu buat gue bangga2in, hasilnya malah kacau krn dia utak-atik sendiri dan disulap jadi website jual kaos.
“Mas, ini gimana ya kok emailnya error?”
“Error gimana, pak?”
“Katanya the server is not accessble”
“Passwordnya sudah bener, pak?”
“Emang passwordnya apa, mas?”
Krik… krik… krik…
Nah. Hal-hal kayak gitu mewarnai dinamika designer – klien. Ada klien yang agak-agak sombong. Dia bilang: “Saya sudah kirimkan logonya. Maaf lama. Maklum, teman saya yg bikin ini orang sibuk. Klien-kliennya skala internasional.”
Masa? Apakah sekelas Landor? Wow. Pasti keren banget ya logonya. Ini dia.
(Kalo ngga dikasih tau, mungkin logo itu dikirim dalam file jpeg, di-attach dalam Microsoft Word!)
Pernah juga dapet klien sok tau. “Kita akan bikin warung baru. Namanya Staducks. Jangan salah. Kita beda kok dari Starbucks. Kalo mereka jual kopi, kami jual bebek bakar. Saya sudah punya bayangan logonya. Logonya lingkaran ijo, kasih tulisan “STARDUCKS” melingker. Di dalemnya kasih lagi lingkaran item dan gambar bebek. Gampang kan? Sebentar selesai?”
Apakah begini hasilnya?
Lama kelamaan ada juga klien berkualitas dan perfeksionis.
This French old lady ini cuma minta dibuatin kartu nama. Dia memeriksa hasil cetak, lembar demi lembar berbekal penggaris digital. Memeriksa adakah goresan, ukurannya udah tepat, warnanya pas, teksnya kelebihan titik dll. Muka keriputnya terangkat.
“Gimana, ma’am? Everything’s ok?”
“The paper is too thin.” Katanya santai.
Darah ini naek ke ubun-ubun. Ngga nyangka yg dikomplain malah kertasnya (dia pilih sendiri), gue kasih opsi. Diskon 40%. Rugi? Not really. Gue udah naekin harganya 300%. Gue tau kok, ma’am. Pasti elo ujung2nya minta diskon.
Awal jadi desainer memang gitu. Dapet klien yang buta banyak hal grafis. Kita kudu memposisikan diri sebagai ahli. Tapi juga ngerti mau klien. Gue punya akun twitter @xianworks. Di situ gue sharing link artikel ttg desain web dan grafis. Sementara akun @bungiwan membahas ttg kesukaan gue di dunia maya, the sadness and happiness, dan tegor sapa gue ke temen-temen. Lebih personal lah.
Kok malah jadi promo?
February 22nd, 2011 at 21:18
SR itu harusnya Selera Rakyat,
February 22nd, 2011 at 22:56
Atau Selera Rambo?
February 22nd, 2011 at 21:21
hmm, benera2 logo kelas internasional. Logo kfc aja kalah, WKAKAKAK
February 22nd, 2011 at 22:55
jauh dong, mas. bagusan SR dikit. tapi bagusan KFC banyak banget.
February 25th, 2011 at 16:22
Seru tuch yang Starducks 😛
February 25th, 2011 at 17:53
yeaaah… kasiaan deh. donal bebek dimakan. hiks.
February 26th, 2011 at 08:42
hari-hari yang pernah saya alami, tapi…banyak yang kita pelajari dari hal itu sob…
February 26th, 2011 at 09:00
pastinya, sob! selalu belajar banyak hal dari kesalahan.
February 26th, 2011 at 13:22
blue suka post ini
menarik
salam hangat dari blue
February 26th, 2011 at 20:05
terima kasih, blue. salam hangat.
eh, blue dari malaysia ya?
February 26th, 2011 at 16:56
Bung, ternyata pengalaman yang Bung Iwan dapatkan selama keberlangsungan berkarya, baik itu pengalaman buruk maupun baik, sungguh menjadi kontribusi positif buat pertumbuhan usaha Bang Iwan, bukan? Sukses selalu, selalu sukses!
Salam kekerabatan.
February 26th, 2011 at 20:04
terima kasih, mas sungkowo. sukses juga untuk anda! salam persahabatan.
February 27th, 2011 at 00:55
haha… Saya pun pernah melewati masa – masa itu. Lingkaran atau kotak dengan rounded dengan inisial time new roman atau arial plus sentuhan banff selalu jadi andalan ketika malas berkreasi.
Salam kenal
February 27th, 2011 at 11:21
salam kenal, mas agit 🙂
semua pernah mengalami rupanya….
February 28th, 2011 at 00:26
menyenangkan bisa menjadi freelancer handal 🙂
February 28th, 2011 at 10:28
doakan. doakan. hehehe 😉
February 28th, 2011 at 10:34
Ijin follow twitternya Bung. 🙂
@giewahyudi
February 28th, 2011 at 12:13
siaaapp… akan saya folback, kakak!!
February 28th, 2011 at 13:15
owh..gitunya , jadi harganya dinaikin dulu 300%?? ..mahal jatuhnya donk? he..he…
February 28th, 2011 at 16:46
namanya antisipasi. :))
February 28th, 2011 at 16:35
makin tertarik untuk belajar design.. (y)
February 28th, 2011 at 16:45
yg penting desire-nya di situ. boleh2 saja, mas.
February 28th, 2011 at 18:34
wih mantap ni kerjaannya walao nasib ketemu klien2 yang bermacam akhlaq wkwkw
February 28th, 2011 at 18:34
wah ternyata si uhuy profesinya adalah sebagai designer ya? 😉
February 28th, 2011 at 21:06
Bukan, mas. Uhuy adalah sepenggal kisah lain. 🙂 Ngga satu kantor kok.
February 28th, 2011 at 22:59
Orang memang punya watak yang berbeda, sebagai seorang yang profesional kita harus sabar dan selalu melayani yang terbaik untuk mereka
March 1st, 2011 at 10:32
benar. benar. amat bijaksana, mas!
March 1st, 2011 at 00:08
menarik dan lucu tulisan bang iwan ini. oia, yg donal bebek entu, biasa buat bakul atau basa kerennya entrepreuneur. entu namanya atm alias amati tiru dan modifikiasi, entu kalo lagi gak males. kalo muncul malesnya, bukan atm yg dilakukan tapi atp alias amati tiru plek.
salam persahablogan 8)
March 1st, 2011 at 10:33
hahahaa. dapet pengetahuan lagi dari mas wong.
March 1st, 2011 at 18:16
Taktik harganya, naekin 300% diskon 40% keren juga tuh. hahaha…
March 1st, 2011 at 21:46
🙂 abis orangnya terkenal rewel sih. hehehe…