Celengan Tanah Liat

Ada seorang teman yang kerja di perusahaan bisnis barang-barang keramik. Hari itu aku janji untuk mampir ke kantornya. Biarpun sudah dua jam lewat standar jam kerja, aku harus nunggu di ruang yang juga sekaligus ruang pamer barang pecah belah itu. Saking banyaknya benda di situ, aku mesti hati-hati bergerak. Sekali senggol dan jatuh, ngga jadi ngirit duit deh.

Di antara barang di situ, aku paling tertarik ama barang yang bentuknya hewan. Kenapa? Karena aku jadi inget celengan ayam waktu kecil dulu, sebelum celengan babi jadi tren.

celengan ayam

Courtesy: littleharmony.blogspot.com

Iya. Dulu waktu duit Rp 5,- sepadan sama Rp 500,- masa kini, aku tuh rajin banget ngumpulin koin, aku masukin ke celengan ayam. Berminggu-minggu ngga kenal waktu. Tiap ada koin, cemplungin. Entah berapa lama sampe celengan itu penuh dan aku harus mecahin itu ayam supaya aku tau hasil kerja kerasku. Pyar! Dan koin-koin itu menggelinding diikuti mataku yang terbelalak girang.

Nah, lagi-lagi kita harus belajar beberapa hal dari anak-anak.

  1. Anak-anak itu nggak mikir hal-hal di luar apa yang mereka inginkan. Nggak mikir: “ntar kalo ngga dapet duit, gimana ya?” Pokoknya tujuannya pengen nabung aja.
  2. Anak-anak itu tekun, sampai ke tujuan akhirnya.
  3. Anak-anak punya cita-cita tinggi. Imajinasi tinggi. Keyakinan tinggi. Sampai suatu saat orang dewasa menariknya ke bawah. Sayang sekali.

 

Jadi kalau anak Anda (atau keponakan deh) kepengen sesuatu, jangan langsung melarang. Putuslah harapan mereka. Lebih baik buat mereka berusaha dulu sebelum mendapatkannya. Dan buat Anda, pikirkanlah tujuan, bukan ketakutan. Seperti masa kecil dulu🙂

Jaman sekarang ada nggak ya celengan tanah liat begini?

 

About Bung Iwan

Punya tangan kiri seorang pelukis, tangan kanan seorang penulis dan imajinasi menggabungkan keduanya. View all posts by Bung Iwan

5 responses to “Celengan Tanah Liat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: