Problems and Happiness. Just a Thought.

Beberapa bulan lalu tanpa sengaja aku ketemu dengan temenku masa kecil. Cewek. Manis. Padahal seingetku waktu kecil dia sama sekali tak dianggap. Udah gendut, item, galak. Kali ini dia berubah 180 derajat. Dia juga tampak lebih happy. Sebabnya?

Dia cerita bahwa dia sekarang bekerja untuk misi kemanusiaan internasional. Dia sering dikirim ke berbagai negara untuk aksi kemanusiaan. Tau dia kerja di tempat yang menarik begitu, aku langsung bisa mengerti dia enjoy banget dengan apa yang dia lakukan. Satu lagi bukti bahwa kebahagiaan membuat orang tampak lebih manis.😉

Pernah denger kalimat “nikmati saja hidup ini”? Buat aku itu kalimat kosong. Gimana mau nikmatin hidup kalau kita barusan kena musibah, misalnya. Atau -nggak usah jauh-jauh deh- kerjaan yang nggak ada abis-abisnya? Stress akan bikin emosi kita meledak setiap saat.

Berdasarkan pengalaman, sebenernya masalah itu ngga bikin beban hidup. Lho? Iya. Yang membebani adalah ketakutan kita sendiri.

Aku inget waktu aku masih kecil. Ada guruku yang suatu hari kasih PR muridnya sekitar 10 halaman. Bayangin waktu itu umur masih 7 tahun-an, PR sekian halaman serasa beban berat buat kami. Aku putus asa. Bahkan sempet nangis! Tapi selalu ada penolong di sekitar kita. Aku inget kakakku bilang: “kerjakan pelan-pelan”. Aku berhenti nangis dan aku kerjakan bareng kakakku. Selesai dalam 2 jam.

You know, the point is, seringkali masalah itu tampak lebih besar dari kekuatan kita. Tapi ketika kita memandang diri kita mampu, kita pasti mampu. Aku setuju dengan kalimat “masalah tak lebih besar dari kekuatan kita”.

Aku ngerti bahwa sebagai manusia kita mengalami emosi. Sedih, senang, marah, berbagi, bahagia, takut. Dari semua emosi manusia, manusia itu sendiri pengendalinya.

About Bung Iwan

Punya tangan kiri seorang pelukis, tangan kanan seorang penulis dan imajinasi menggabungkan keduanya. View all posts by Bung Iwan

2 responses to “Problems and Happiness. Just a Thought.

Leave a Reply

