Bagaimana Cara Menolak Pekerjaan Tak Penting

How to say NO!

Aku ini orangnya memang baeeek bangets. Hm… sedikit promosi. Sayangnya kebaikan hatiku sering dimanfaatkan orang untuk melakukan pekerjaan yang ngga penting. Like what?

Yaaa… like: memutihkan kulit, menghilangkan jerawat, menghilangkan merah mata atau membuat wajah tampak 10 tahun lebih muda. Lho?? Memangnya bisa? Rupanya diam-diam aku mempelajari bedah plastik dengan gelar Ph.D (Plastik Hasil Daur ulang; misalnya: ember plastik, tas kresek, dll…).

OK. Back to topic. Aku bukan ahli bedah plastik juga bukan ahli daur ulang. Aku cuma bisa pake Photoshop!

Kayaknya sih gampang. Iyalah.. situ cuma ngeliat doang sih gampang. Duduk tenang ditemani secangkir kopi ama donat celup. Buang tenaga sedikit pas geser-geser tangan atau ngeklik mos.

Ya enggak lah!!! *–Protes keras!!!–* Tetep aja aku punya kerjaan yang lebih penting. Kalo ngga ganggu kerjaan utama sih oke. Tapi kalo bikin aku keteteran di main job? How to say ‘no’?

  1. “Sori. Ntar aja ya?”
    Pake nada suaranya pelan, tapi terdengar ketegasan di situ. Abis ngomong begitu langsung change the topic: “kabarnya kambingmu melahirkan anak sapi ya?” atau yang laen. Tapi kalo maksa? Yah.. terpaksa bilang: “masih ada kerjaan nih.” and just walk away.
  2. “Aku liat dulu ya. Entar aku kabari.”
    Aku emang orangnya nga’ tegaan. Kalimat begitu tuh diambil dari jurus ‘Engga Tega’. Toh aku bisa cek lagi jadwal kerjaanku. Pasti aku bantu kalo jadwalnya engga padat. Itung2 break dari rutinitas.
  3. “Sori, ngga bisa. Tapi mendingan gini aja deh…”
    Kalo jawabanku begitu, artinya sebenernya aku pengen melibatkan diri, tapi aku mau pake caraku. Yah, teteplah kerjaan utama lebih penting.

Ada orang yang tega bilang ‘tidak’, ada yang enggak. Udahlah. Ngga usah sungkan.

  1. Tegaskan, tapi ngga usah ngotot. Ngga perlulah sampe tereak: “TIDAAA…..AKK…!!“ Trus pelotot-pelototan mata. Santai aja.
  2. Kalo udah terlanjur bilang “nanti”, tepati! Usahain juga jangan kasih harapan. Ngga usah janji pramuka, sumpah pemuda atau sumpah pocong.
  3. Inget ya, kita ngga pernah utang ama mereka. Enggak bisa membantu jangan ngerasa ngga bisa bayar utang. Lebay! Just say: “masih ada kerjaan”. Itu cukup.
  4. Kita punya waktu 24 jam sehari, 60 menit sejam, 60 detik semenit. Kita bisa bantu mereka kapan aja. Asaaaall…… yah, itu tadi- jangan sampe kerjaan utama keteteran atau lupa manjain diri. Makan, tidur, pijet atau spa… hehehe… Penting juga tuh!!

About Bung Iwan

Punya tangan kiri seorang pelukis, tangan kanan seorang penulis dan imajinasi menggabungkan keduanya. View all posts by Bung Iwan

2 responses to “Bagaimana Cara Menolak Pekerjaan Tak Penting

Leave a Reply

