Bul* ***it!

Tersebutlah di sebuah kafe depan terminal Ubung, Denpasar. Gw suka nongkrong di sini. Soalnya kafenya sepi dan ada free wifi. Seringnya pas gw masuk, waitress-nya ngga ada. Gw langsung aja main wifi beberapa saat sebelum waitress-nya muncul, baru gw pesen makan minum. Kalo waitress-nya ngga muncul2, itu adalah keberuntungan buat gw krn gw bisa maen wifi gratis. Hihihi. Jahaaatt!!! Jangan ditiru ya..?

Ada kejadian unik waktu gw lagi asik wifi-an. Ada sepasang bule cowo-cewe masuk bawa ransel gede. Eh. Buleco dan Bulece ini pasti backpacker. Kalo nggak, ngapain munculnya di daerah terminal gini? Bukan airport gitu?

Dia tengok kanan kiri. Waitress muncul. Kaget juga ada bule. Maklum, kafenya bukan di lokasi favorit turis. lalu bertanyalah si bule…

Buleco: Free wifi? No minimum order?
Waitress: Eh,… errghh… iya..?
Me: But you may order some food and drink. (ikut2an)
Buleco: How much the price of ice tea?
Waitress: Erhh… Ngga ngerti enggres, pak.
Me: Es teh harganya berapa? (translate)
Waitress: 4500
Me: 4500
Buleco: Kalo teh tanpa es?
Me: Kalo teh tanpa es? (eh… anggep aja ini percakapan waitress ama bule ya. Gw ngga ikutan lagi)
Waitress: 4000
Buleco: Es saja?
Waitress: 1000
Buleco: Bisa minta air putih?
Bulece: Udah, yang. Nggak papa minum teh aja deh.
Buleco: Ya udah. Teh. Satu.

Gw yg mentranslate senyum2 aja. Ni turis kok pelitnya ngalahin gw ya…? Apa dikiranya 4000 rupiah itu udah gede buanget kali?? Atau mungkin abis kerampok. Beberapa saat kemudian si Bulece tanya padaku:

Bulece: mas, di mana ya saya bisa beli pulsa? Pulsa saya abis nih.
Me: di sebelah ada kok, mbak (‘btw mbak’ bhs enggresnya apa ya?). Mau saya anterin?
Bulece: iya deh, mas. Boleh.

Maka gw anterin lah ke kios sebelah yg jualan pulsa.

Bulece: Saya mau beli pulsa.
Me: Dia mau beli pulsa.
Penjual: Ngga usah ditranslate. Anggep aja ini percakapan saya ama dia.
Me: eh, iya deh *mundur*
Penjual: Mau yang berapaan? 100 ribu? 50 ribu?
Bulece:  ada ngga ya yg seribuan?
Penjual: mana ada, neeeng? Paling kecil juga 5000 an.
Bulece: yaah. Masa ngga ada sih?
Penjual: ambil nggak?
Bulece: iya deh. Jangan marah dong.
Penjual: Ya udah. Situ nomernya berapa?
Bulece: saya ngga tau nomer saya berapa ya. Soalnya barusan beli jadi ngga apal.
Penjual: miskol/sms aja.
Bulece: yah. Kan pulsanya abis. Ngga bisa nelpon/sms sama sekali.
Penjual: ya udah. Ambil yg voucher aja. 10 ribu minimal. Isi sendiri.
Bulece: yah… kok jadi tambah mahal gitu?
Me: mbak, emang gitu aturannya. Di sini yg voucher minimal 10 ribu. Pulsa elektrik 5000. Mbaknya si ngga tau nomer sendiri.
Penjual: Ambil gak?
Bulece: eh… saya cari tempat laen aja deh.
Me: *puter bola mata ke belakang*

Balik ke kafe tadi. Tehnya udah di atas meja. Laptop terbuka.

Buleco: dapet ngga pulsanya, yang?
Bulece: Ngga dapet. Ngga ada yg seribuan.
Buleco:  Ya udah. Cari tempat laen aja nanti. Kita makan dulu.

Makan? Eh, dia pesen makan ya? Ternyata… — Dia keluarin tas plastik berisi 2 buah nasi bungkus!!

Buleco: mas, bisa minta tolong ke waitress buat pinjem sendok ngga?
Me: ..– :O *delongop*

OGAAAHH!!!! Dasar bule pelit!

(salam buat kedua bule backpacker di Kedai Wira yg baca ini)

About Bung Iwan

Punya tangan kiri seorang pelukis, tangan kanan seorang penulis dan imajinasi menggabungkan keduanya. View all posts by Bung Iwan

100 responses to “Bul* ***it!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: