Happy Chinese New Year, Little Rabbit

Kembang api meledak di suatu tempat. Suaranya bergemuruh merambat berkilometer jauhnya sampai ke telingaku. Wait a minute. Ini bukan tanggal 1 Januari. Ini 3 Februari … eh… hey..,

Happy Chinese New Year!

Happy Chinese New Year!

Dari dulu Chinese new year’s eve bagiku adalah makan enak. Kumpul dengan anggota keluarga yang sebenernya sedikit asing satu sama lain. Walaupun perkumpulan itu mendekatkan kami. Jadi inget. Aku belum pernah ketemu cucuku yang terakhir. Hah? Cucu siapa, kek? Serius. Aku baru sadar begitu jauh dari keluarga. Allright. Ketika pulang kampung nanti, aku akan jadwal buat mampir ke tempat cucu tercinta. Ya. Cucu. Anak dari keponakan. Keponakan adalah anak dari kakak, maka anak keponakan adalah cucuku. Jangan bingung. Jangan dipikir.

Selama ini aku menghindari keluarga karena aku merasa berbeda. Berani menghadapi kehidupan seorang diri. Susah bagi mereka mengerti aku. Akupun membalas. Aku bahkan tak berusaha mengerti mereka. Keputusan yang salah. Cara ini menghasilkan ‘dendam’ tak terputus. Rasanya bakal berakhir tragis.

2011 tahun kelinci logam. Kelinci. Pekerja keras. Teliti. Ambisius. Penuh kasih sayang. Mudah-mudahan tahun ini aku bisa teladani kelinci. Tapi aku ogah jadi kelinci. Ogah disate.

Kembang api meledak lagi. Rasanya sudah berjam-jam belum berhenti. Tahun ini aku ingin lebih dekat dan lebih menyayangi keluargaku. Kalau toh mereka masih sulti memahamiku, tak apa. Aku tidak berniat membalas. Aku akan jadi kelinci yang penuh kasih sayang. Hey, is that carrot??

About Bung Iwan

Punya tangan kiri seorang pelukis, tangan kanan seorang penulis dan imajinasi menggabungkan keduanya. View all posts by Bung Iwan

8 responses to “Happy Chinese New Year, Little Rabbit

Leave a Reply

