Selamat Hari Ibu, Para Ibu Gaul!

Selamat hari ibu, semua ibu2 di dunia. Ibu-ibu yang membaca blog aku saat ini. Juga ibu-ibu yang ber-facebook. Hari ini semua status penuuuh dengan ucapan selamat hari ibu.

Mom, aku udah eksis sejak bayi kan?

Bukannya anti hari ibu. Aku heran. Kenapa ucapan selamat hari ibu diposting di Facebook? Apakah karena para ibu pasti membaca newsfeed di facebook dan dengan terharu berkomentar: “terima kasih anakku”? Atau pasang status begitu buat nunjukin “nah, ini lho aku anak yang baek”? Hayooo!OK. Katakanlah memang tujuannya untuk dibaca para ibu. Di mana letak keefektifannya?

Flashback 15 atau 20 tahun lalu ketika masih ada wartel, kita rela ngantri malem-malem karena selepas jam 23 interlokal murah. Anak-anak kuliahan ngobrol sama keluarga untuk lepas kangen atau minta dikirimin duit. Wajah para penjaga wartel tiba-tiba berubah serem selewat jam 00. “Mau tutup” katanya.

Berkembang ketika telepon seluler ngetop, kapan saja bisa sms untuk cari tahu keadaan keluarga laen. Jeleknya, komunikasi lewat tulisan bisa diartikan berbeda. Ngga bisa ngerasain emosi lawan. Ngga bisa denger intonasi bicara lawan. Lhah sekarang? Lewat Facebook?

“Lho? Lewat facebook kan lebih dari sekedar tulisan. Bisa juga foto-foto. Kan lebih ekspresif?”

Jiah. Ngaku aja deh. Itu foto diupload juga sekedar buat gaya-gayaan to? Biar semua tampak baik-baik saja. Di luar frame siapa yang tahu?

OK deh. Jadi maunya apa?

Sudahlah. Kalau memang kalian sayang dengan ibu. Hadapi beliau face to face. Bilang “I love you, mom” tanpa motivasi apapun. Bener dari dasar lubuk hati. Peluk dan cium akan lebih ekspresif. Jika beliau jauh, teleponlah. Say “I love you” juga. Jangan sms. Jangan berat pulsa. Cuma satu hari, guys.

Dan — ngga perlu posting di Facebook.Kecuali sang ibu memang eksis.

About Bung Iwan

Punya tangan kiri seorang pelukis, tangan kanan seorang penulis dan imajinasi menggabungkan keduanya. View all posts by Bung Iwan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: