Pantangan Ketika Tulis Status Facebook

Setelah menyeleksi teman di Facebook, kamu bisa bagikan “Apa yang Anda pikirkan?” di status dengan sopan dan baik.

What’s on your mind?” ngga berarti kamu bebas menulis apa saja di benakmu. Pikiran memang bukan untuk dibaca, atau dunia ini isinya cuma musuh.

Bayangkan kamu lagi asik jalan, tiba-tiba di depan ada orang bergerak cepat ke arahmu, menubrukmu, tanpa minta maaf lalu buru-buru lari. What’s on your mind? Copet? Perampok? Pengen neriakin maling? Padahal orang ini cuma mau ngejar bis kota lho. Kamu sudah berprasangka buruk.

Don’t you know betapa reaktifnya pikiran? Itulah mengapa ngga semua yang kamu pikirkan layak sharing.

Bagaimana menulis status yang sopan dan baik?

Jangan nulis dalam keadaan emosional.

Tenangin diri dulu. Tindakan pada saat emosional akan akibatnya bisa fatal. Berusaha subyektif dengan apa yang kamu tulis. Kamu pikir bisa membalas sakit hati dengan tulis status? Sori. Masalahmu masih ada. Salah-salah malah makin gede.

Benar bahwa Facebook memang tempat menabur benih curhat. Jadi taburlah curhatan yang baik.

Jangan harap orang bisa baca pikiranmu

Please stop tulis status macem: “akhirnya…”. Maknanya kosong. Kamu berharap temen-temen bakal berebutan komentar: “ada apa?”. Itu cuma terjadi sekali dua kali. Lama-lama males. Kalo mau tebak-tebakan, tulis aja: “binatang apa yang paling ngaco di dunia?”

Ceritakan dengan singkat apa yang terjadi. Apa perlu sok misterius atau berteka-teki? Niatan kamu adalah mengundang teman bertukar pikiran. Ngomong Tulis secara jelas.

Jangan jadi kakek bijaksana

“Jika seseorang mencintai Anda, tetapi tindakannya tidak menghormati Anda, maka dia tidak mencintai Anda”

Tampak cool? Atau tampak sok?

Jadilah dirimu apa adanya. Bolehlah kalo kamu memang berprofesi motivator atau pengin jadi seperti mereka. Paling ngga, pakailah kata-kata yang ditujukan untuk teman, bukan murid padepokan silat. Akrab, bukan menggurui. Jangan ngopy kalimat orang lain. Bijak beneran atau cuma sok bijak terbaca kok dari tulisannya.

Jangan lebay, plis!

Perlukah teman-temanmu tau kamu lagi makan bakso? Mereka sudah cukup sibuk dengan urusannya. Mereka ogah tau jadwal kegiatanmu. Kamu mau di mal, mobil, kamar, makan, tidur, ngupil…. Terserah. Ngga penting.

“Lagi makan bakso” oke ditulis asal bermanfaat. Tambahkan: Lokasinya di mana? Rasanya gimana? Harganya berapa? Ciri khasnya apa? Kalo mau ke situ naik apa? Dan seterusnya.

You get that?

Harus diingat adalah bahwa semua orang bisa membaca statusmu dan ngga semua orang suka. Tulislah hal-hal umum kecuali sudah kamu setting untuk hanya dibaca orang/ group tertentu.

Sharing status Facebook bukan berbagi tentang betapa hebatnya kamu, melainkan berbagi dan menjadi berguna untuk teman-temanmu.

So, what’s on your mind?

About Bung Iwan

Punya tangan kiri seorang pelukis, tangan kanan seorang penulis dan imajinasi menggabungkan keduanya. View all posts by Bung Iwan

10 responses to “Pantangan Ketika Tulis Status Facebook

  • rumus cepat matematika

    jangan lebay pliss,,ckckck,,,saya suka tuh,,,

  • Je

    Gw juga paling males tuh kalo uda sok wise apalagi kalo uda doa2 kayak mau tahlilan dan penuh ratapan khas sinetron. “Tuhan, tunjukkanlah jalan yang terbaik buatku.”
    I know that God is everywhere–even on FB–tapi mbok ya pergi ke tempat ibadah aj, gitu ya. Repot!!!
    Hehehehe. Nice post🙂

  • Benci 4L4Y

    suka baca postingan ini, setuju banget pokoknya. saya pernah nulis sebuah status di fb buat nyindir orang2 kyk yg dimaksud dlm artikel ini, bahkan yg manusia alay jg. tapi penyakitnya tetap aja gak sembuh. jd tiap orang beda pikiran, bahkan byk bagi mereka berpikiran seperti ini : “yg nulis gw” “status2 gw” “klo gak suka jgn dibaca” “gak suka temenan apus aja” dll. namun menurut saya orang2 yg seperti itu biasanya cendrung anak ABG, telat dewasa, kurang terpelajar, jadi pikiran msih labil.. hehehe peace n sukses bos😉

  • bonx

    great article… btw, aku jadi merasa tertampar setelah membacanya. begitu banyaknya status alay… yang disengaja atau tidak telah aku posting dalam facebookku.

  • hudaesce

    Hemm….,betul juga tuh, hhe..,🙂
    kalau pantangan ketika nulis komentar di blog gimana ya ??😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: