Fungsi Twitter dan Hubungannya dengan Burung

“Twitter, buat apa?”

Masih ada pertanyaan itu? Masih ada yang ngebandingin Twitter ama Facebook. Padahal beda. Beda jauh, bukan beda tipis. Tulisan ini untuk Anda yang pernah mendaftar di Twitter, tapi masih bingung cara pakainya karena pikiran sudah “terkontaminasi” dengan Facebook.

Berdasar pengalaman saya, inilah beberapa dari fungsi Twitter.

Fungsi kelompok/pribadi

Sebenernya fungsi Twitter bisa variatif. Anda bisa kumpulin beberapa temen lalu bikin semacam forum pribadi di Twitter. Di mana follower dan following (friend) adalah temen Anda sendiri. Kalau mau orang di luar kelompok Anda ngga bisa nimbrung di situ, protect tweet Anda di bagian “Setting”.

Fungsi informasi

Anda bisa mencari informasi dengan ber’teman’ (following/mengikuti) orang yang kira-kira bermanfaat buat Anda. Katakanlah Anda adalah orang yang curious banget dengan kehidupan sapi (haaa?), Anda akan mencari orang yang sering memberikan informasi tentang sapi atau bahkan si sapi itu sendiri.

Cara mencarinya? Ada dua.

Mencari kata -di form “Search”- yaitu mencari kata tertentu yang sering diucapkan (misal: sapi). Atau,

Mencari orang -di link “Find People”- untuk mencari nama orang tertentu (misal: Sapi Gila).

Setelah Anda dapatkan kata yang sering disebut atau orang yang Anda cari dari hasil pencarian di Twitter, tekan saja tombol “Follow”. Dan di Timeline Anda, akan muncul semua tweet orang ini. Nikmati kicauannya tentang kehidupan si sapi.

Fungsi profesionalisme

Anda punya bisnis susu sapi, dan Anda ingin membagi informasi ini. First, Anda sebaiknya mencari kawan (following people) yang berhubungan dengan sapi atau susunya. Lalu sering-seringlah ngetweet tentang susu sapi. Just like:

Susu sapi menyegarkan diminum di pagi hari. Atau
Ada hari tanpa kopi. tiada hari tanpa susu sapi.
Atau
I like sapi. But I love susu sapi.

etc dll

Siapa tau ada orang yang kebetulan mencari kata “susu sapi”, menemukan tweet Anda dan men-follow Anda. Klop! Orang inilah yang menjadi salah satu calon customer Anda.

Fungsi hiburan

Carilah orang yang tweetnya menghibur, lucu atau konyol. Saran: @montytiwa, @sarseh atau Mr. Bean, kalau ada.

Fungsi ekspresi diri

Ini yang saya lakukan. Ngoceh aja. Toh nggak ada yang kasih sadistic comments seperti di Facebook. Mau ada yg dengerin (follow) atau tidak, ngoceh aja. Dengan menumpahkan uneg-uneg, paling tidak itu mengurangi tekanan untuk melakukan usaha bunuh diri.🙂

Why Bird?

Konsep Twitter adalah burung yang berkicau. Ada yang suka banget dengerin suara burung tertentu. Sementara burung itu sendiri ngga sadar bahwa suaranya bagus atau tidak. Ngga peduli suaranya disukai orang atau tidak. Dia cuma pengen berkicau aja.

Burung kutilang tidak akan merubah kicauannya menjadi suara gagak. Atau dia jadi tidak berharga. Konsistenlah dengan apa yang Anda ocehkan. Jangan sudah terlanjur ngomongin sapi lalu tiba-tiba ngomongin buaya. Anda akan ditinggalkan orang (Unfollow).

Jangan heran jika ada orang yang following dan followernya beda jauh. Yang followingnya jauh lebih sedikit dari followernya, hampir dipastikan dia public figure. Kalau jumlah following dan followernya imbang, mereka saling mengenal. Dan yang followingnya jauh lebih banyak dari followernya, dia…. haus informasi.

Twitter bukan persaingan. Bukan banyak-banyakan follower. Walaupun banyak yang menganggapnya begitu. More follower more famous you are? Nooo… I think Twitter is about who you follow, lebih tepat.

Saya akan membahas fungsi menu di Twitter di lain kesempatan.

Any opinion?

About Bung Iwan

Punya tangan kiri seorang pelukis, tangan kanan seorang penulis dan imajinasi menggabungkan keduanya. View all posts by Bung Iwan

5 responses to “Fungsi Twitter dan Hubungannya dengan Burung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: